Muncul Aliansi 12 Fakultas UMS, begini tanggapan Gubernur BEM FT UMS.


UMS – Semenjak mewabahnya virus Covid-19 dan anjuran dari pemerintah untuk tinggal di rumah saja, seluruh instansi di Surakarta memberhentikan kegiatan diluar rumah dan menggantinya dengan kegiatan online. Begitupun dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang juga menggantikan kegiatan belajar mengajar di kampus menjadi via online atau daring. Birokrat kampus sudah mengeluarkan kebijakan terkait kegiatan perkuliahan selama pandemi. Namun kebijakan tersebut banyak menuai kecaman dari mahasiswa yang merasa kuliah online mereka tidak efektif.

Dari sanalah muncul petisi-petisi berisi keluhan mahasiswa selama melakukan daring. Tak hanya sekedar petisi aliansi dan tagar-tagar pun dibuat dengan harapan aspirasi mahasiswa tentang daring dapat sampai ke pimpinan kampus. Salah satu aliansi yang muncul pada tanggal 06 Mei 2020 adalah Aliansi 12 Fakultas UMS. Aliansi tersebut menyebarkan pamflet propaganda berisi aspirasi mahasiswa selama daring. Gubernur Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) mengungkapkan, “Bagus untuk ide tersebut (dibentuknya aliansi), melihat banyak aspirasi dari mahasiswa yang perlu disampaikan ke Pimpinan Universitas”. Dilihat dari pamflet yang beredar, keterlibatan fakultas-fakultas yang ada dalam aliansi tersebut memang belum diketahui, namun melihat dari nama aliansi mengarah pada seluruh fakultas yang ada di UMS. BEM FT menyatakan diri terlibat dan mendukung adanya aliansi tersebut. Keterlibatan BEM FT tersebut berdasarkan penyampaian aspirasi yang dilakukan  oleh Fakultas Teknik sebelumnya, “Untuk ini supaya aspirasi kemarin dari teknik khususnya bisa tersampaikan ke Pimpinan Universitas.” tambah Cahya selaku Gubernur Mahasiswa FT.

Pamflet Aliansi 12 Fakultas UMS

Ketidakjelasan dari aliansi tersebut cukup santer beredar di Fakultas Teknik. Hal tersebut dikarenakan belum adanya informasi yang jelas dari pihak BEM FT sendiri terkait keterlibatan Fakultas Teknik dalam aliansi tersebut. Koordinasi baru sebatas dilakukan melalui Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik (KAMA FT). “sebenarnya sudah ada (koordinasi) tapi mungkin belum kencang.” ujar Gubernur Mahasiswa FT. Bahkan sampai berita ini diturunkan belum ada bentuk press release atau konfirmasi yang beredar sebagai bentuk keterlibatan BEM Fakultas Teknik dalam mendukung aliansi tersebut. (Senin, 11/05/2020)

Reporter : Septiana

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama