HAL BIASA JADI LUAR BIASA

 

Healthy lifestyle illustration

Dewasa ini, seringkali kita disibukkan oleh banyak kegiatan yang menguras tenaga kita, tidak jarang karena padatnya aktivitas yang sering kita lakukan, kita sering mengabaikan kesehatan diri kita sendiri, terkhusus bagi para mahasiswa, adanya kegiatan akademik maupun non-akademik seringkali menguras tenaga dan pikiran. Berhubungan dengan deadline tugas maupun target yang ingin dicapai mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari yang tidak bisa dihindari. Untuk mengejar deadline tugas ataupun untuk mengejar target lain, kita sering melakukan begadang sehingga pola tidur pun menjadi rusak, bahkan pola makan pun menjadi berubah tidak teratur, dan akibat padatnya kegiatan yang dilakukan, kita tidak sempat melakukan olahraga, mungkin untuk jangka pendek hal tersebut tidak terlalu berdampak apa-apa tapi untuk jangka panjang tentu hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi kita yang sering abai terhadap diri kita sendiri, mari kita coba sayangi diri kita dengan melakukan hal-hal yang kecil yang bila dilakukan terus menerus akan membawa dampak yang luar biasa, bahkan mungkin bisa berdampak kepada orang lain. Mungkin kebiasaan ini bisa membantu mengembalikan pola hidup yang lebih sehat, diantaranya:

1.      Minum air yang cukup

Setiap orang memerlukan air agar organ tubuh dapat bekerja secara maksimal, maka dari itu biasakan minum air secara teratur agar fungsi organ tubuh bekerja secara maksimal, manfaat air bagi tubuh sangatlah banyak, diantaranya untuk mencegah batu ginjal, menjaga kesehatan kulit, mejaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan masih bnayak lagi.

2.      Olahraga selama 7 menit

Untuk membuat otot dan persendian menjadi rileks tentunya diperlukan olahraga yang cukup, selain itu dengan berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak mengandung racun, jadi olahraga juga berfungsi untuk detoksifikasi.

3.      Tidur yang cukup

Tidur diperlukan untuk memulihkan energi setelah seharian bekerja. Untuk kita mahasiswa usia 18-25 tahun dibutuhkan waktu 7-9 jam untuk tidur tiap harinya agar tubuh menjadi segar kembali. Apabila kurang tidur salah satu dampak yang kita rasakan adalah sulit berkonsentrasi dan jika hal ini terus terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat melemahkan daya ingat.

4.      Membaca sesuatu selama 10 menit

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika membaca buku dapat meningkatkan ketajaman memori, selain itu membaca juga dapat mengurangi stress, maka dari itu setidaknya luangkan waktu 10 menit untuk membaca, tentunya membaca hal-hal yang bermanfaat.

5.      Minum vitamin

Vitamin memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, diantaranya untuk menjaga daya tahan tubuh, antioksidan, merawat kesehatan kulit, dan lain-lain. Tentunya dalam mengonsumsi vitamin harus dalam dosis yang cukup.

6.      Makan makanan yang sehat dan bergizi

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari dibutuhkan energi yang cukup besar, makanan adalah sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh, tentunya agar tubuh tetap sehat makanan yang kita makan harusnya sehat dan mengandung gizi yang baik dan tentunya kaya serat yang diperlukan oleh tubuh.

     Mungkin hal-hal tersebut bila dilakukan secara rutin tiap hari lama-lama kita akan terbiasa dan secara tidak sadar akan menjadi habbit yang dapat membantu kita untuk memiliki pola hidup yang sehat. Mengingat sehat itu mahal harganya, hendaknya kita memulai kebiasaan baik dari diri sendiri. Merawat dan menjaga tubuh kita merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap pemberian Tuhan dan merupakan wujud mencintai diri sendiri. Semoga bermanfaat dan stop being so hard on yourself!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama