EXHIBITION KKL ARSITEKTUR 2023

 



         LPM KONTUR – Telah terlaksana EXHIBITION ARSITEKTUR KKL 2023 oleh angkatan 2020 Program Studi Arsitektur FT UMS yang digelar selama 2 hari mulai tanggal 24-25 Juni 2023 di Graha Solo Raya. Acara tersebut dibuka pada Sabtu (24/5/2023) bersamaan dengan diadakannya seminar KKL 2023. KKL tahun ini mengangkat tema "Bahasa Bumi yang Berinovasi dalam Sejarah Arsitektur Era Kontemporer". Dalam pameran karya ini menampilkan hasil kegiatan KKL oleh mahasiswa arsitektur angkatan 2020 dan karya-karya akademik terbaik dari mahasiswa-mahasiswa terbaik Arsitektur UMS.

“KKL Arsitektur 2023 terbagi menjadi beberapa wilayah mulai dari Jawa barat, Jakarta, Bali, dan Jawa timur. Dari 183 mahasiswa yang mengikuti KKL dibentuk kelompok beranggotakan 15-16 mahasiswa yang nantinya terbagi diberbagai wilayah tersebut. Untuk biaya transportasi dan akomodasi tempat dari kegiatan ini menggunakan iuran peserta dan iuran angkatan kemudian dijadikan satu ke panitia serta bekerja sama dengan biro pariwisata.” Ujar Ravi Abyantara Rifqi, salah satu CO Exhibition KKL 2023.

Target dari kegiatan pameran KKL ini adalah untuk menarik minat dari masyarakat umum agar memilih Program Studi Arsitektur sebagai jenjang tinggi selanjutnya. Dilihat saat pelaksanannya, antusias dari masyarakat umum sangat ramai yang berkunjung di pameran karya.

Menurut Ichwana, salah satu pengunjung pameran karya mengatakan bahwa “KKL merupakan Kuliah Kerja Lapangan, yang beranggapan bahwa selain kita kuliah di dalam kelas kita juga harus pergi keluar untuk menambah wawasan agar mempunyai wawasan yang luas. Untuk kegiatan ini masih ada sedikit kekurangan seperti masih banyak ruang kosong dan kurang dalam pemanfaatan ruangnya, lalu untuk penempatannya juga masih kurang mencolok ketika pengunjung datang harus berjalan melewati satu lantai terlebih dahulu.”

Ravi Abyantara Rifqi menaruh harapan dalam terlaksananya kegiatan KKL Arsitektur ini bisa sebagai wadah apresiasi karya dari mahasiswa-mahasiswa arsitektur dan juga mengenalkan arsitektur bahwa tidak hanya tentang bangunan akan tetapi bagaimana cara membuat bangunan yang sifatnya ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi.

Reporter: Agus Wahyu Sejati

Penulis: Agus Wahyu Sejati 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama