Pedulikah Pihak Fakultas Terhadap Aspirasi Mahasiswa Teknik?

         

 LPM KONTUR - Telah terlaksana Obrolan Dekan pada Selasa, 20 Juni 2023 di Ruang Seminar FEB. Obrolan Dekan adalah suatu forum dimana forum tersebut berisi tentang penyampaian aspirasi dari mahasiswa ke pihak fakultas, kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM FT UMS yang dihadiri oleh Dekan berserta jajarannya dan beberapa Kepala Program Studi dan Sekretaris Prodi. Obrolan Dekan tahun ini mengangkat tema "Ragam Aspirasi Demi Teknik Berprestasi" dengan topik penting pembahasan sarana prasarana lingkungan kampus dan turunnya minat organisasi mahasiswa. Esensi pembahasan adalah sebagai penyampaian aspirasi dari mahasiswa yang harapannya dapat meningkatkan kualitas dan mutu belajar mengajar di kampus. Dalam beraktivitas di kampus butuh sarana dan prasana untuk menunjang perkuliahan yang lebih baik.

Dalam penilaian akreditasi progam studi itu memenuhi standar bahkan melebihi standar dari bagian-bagian kampus, saat ini untuk progam studi di Fakultas Teknik sudah unggul semua bahkan sudah level internasional, akan tetapi masih pending. Ucap Rois Fathoni (Dekan Fakultas Teknik UMS)

"Turunnya minat berorganisasi dalam lingkup kampus disebabkan oleh tingginya minat mahasiswa untuk mengikuti program MBKM sehingga banyak mahasiswa memilih tidak ikut berorganisasi. Dilihat dari kampus UGM, ada keputusan rektor untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler sehingga nanti kedepannya ada konfersi SKS agar minat berorganisasi mahasiswa meningkat." Tutur Gandhi, (Mahasiswa Teknik Industri 2020).

"Mengenai program MBKM sendiri ada 8 program, setiap tahun pasti berubah dan begitu juga harusnya mahasiswa yang saat ini harus berubah juga, karena kalo setiap progam kerja yang sama dan dilakukan terus menerus dan hasilnya sama tidak ada peningkatan maka itu adalah kebodohan, untuk dari universitas mewajibkan untuk berorganisasi seharusnya ngga perlu karena di portofolio sendiri nanti pasti juga dibutuhkan untuk berorganisasi jadi dirasa tidak perlu diwajibkan, mungkin dari mahasiswa sendiri bisa di survei kenapa turunnya organisasi." Ucap Rois Fathoni (Dekan Fakultas Teknik UMS).

Fakultas Teknik UMS ini sudah unggul, seharusnya sudah ngga ada lagi yang namanya fasilitas kurang. Jadi kita berfikir positif aja, dan juga dilihat dari prestasi" dari mahasiswa tiap progam studi yang sudah lolos internasional, ini harus dipertahankan untuk akreditasi menjadi tetap unggul. Kampus tidak menolak untuk fasilitas diperbaiki, akan tetapi tidak hanya keluhan saja yang disampaikan, untuk pencapaian" teknik ini juga. 

Fakultas teknik juga akan mengeluarkan peraturan baru mengenai sanksi E-tilang merokok bagi mahasiswa yang merokok di dalam kampus. Sanksi tersebut akan direalisasikan dengan nilai E pada satu mata kuliah jika diketahui merokok dua kali di kampus. Telah banyak aspirasi yang sudah disampaikan terkait insfratruktur dan keadaan organisasi dengan harapan kedepannya dapat diproses dan direalisasikan agar Fakultas Teknik lebih maju dan berprestasi.

Reporter: Agus Wahyu Sejati

Penulis: Agus Wahyu Sejati

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama