[LIPUTAN] Penyelenggaraan Tes Baca Alquran (TBA) oleh LPPIK

 


LPM KONTUR- Rabu, 16 Agustus 2023 Tes Baca Alquran (TBA) dilakukan secara offline di Kantor Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan penguji dari pihak LPPIK sendiri. Penilaian dilihat dari lancar atau tidaknya mahasiswa dalam membaca beberapa ayat Alquran. Akan tetapi, jumlah ayat yang dibaca oleh mahasiswa tidak disamaratakan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dari para mahasiswa karena akan berimbas pada hasil dari kelulusan TBA.

“Hasil TBA berdasarkan hak mutlak dari penguji yang lebih tahu dalam segi lancar tidaknya dalam pembacaan,” ujar Salsa salah satu peserta ujian TBA. Zaenauval sebagai peserta tes juga mengatakan bahwa dirinya tidak dilayani dengan baik ketika pelaksanaan tes berlangsung.

Meskipun memiliki akun Instagram, LPPIK hanya membagikan informasi mengenai hasil kelulusan TBA dari seluruh mahasiswa melalui laman website saja. Link dari website tersebut akan disebar melalui grup Telegram. “Komunikasi dari admin Telegram LPPIK sebaiknya bisa lebih tanggap lagi mengenai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa sehingga jawaban yang diharapkan sesuai,” lanjut Salsa.

TBA hanya diselenggarakan tiap semester dan tidak hanya mahasiswa baru yang boleh mengikuti tes ini, mahasiswa yang belum lulus juga dapat ikut serta. Tes ini bersifat wajib sebab menjadi syarat untuk mengambil salah satu mata kuliah wajib yang tersedia di semester tiga. Kurangnya publikasi mengenai pendaftaran ulang remidi TBA yang hanya dibagikan melalui website LPPIK menjadikan mahasiswa yang belum lulus kurang mengetahui ketika melakukan daftar ulang.

Reporter: Maula Aryanandha S & Dhiyanita Rahmanniyah

Penulis: Deni Ardiansyah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama