KHASIAT DAUN SELEDRI

 


            Daun seledri pasti tidak asing ditelinga masyrakat, siapa sih yang tidak tau tentang daun seledri?, daun seledri banyak dikenal sebagai sayuran yang sering dipakai sebagai bahan masakan. Daun seledri adalah sayuran daun yang memiliki aroma segar yang khas dan rendah kalori, daun seledri juga memiliki bahasa latin yaitu Apium Graveolens L, daun seledri tak hanya disebut sebagai sayuran daun tetapi juga disebut sebagai tumbuhan obat. Berikut manfaat daun seledri bagi kesehatan:

1.    Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun seledri sangat cocok bagi orang yang sedang diet. Dari informasi yang didapat, dalam satu tangkai seledri berukuran besar hanya mengandung kalori sebesar 7 kkal. Studi menunjukkan, mengunyah sayuran seledri untuk cemilan bisa memicu rasa kenyang, jadi tidak usah makan lagi. Dan pada sayuran ini terbuti meningkatkan pelepasan hormon yang memicu rasa kenyang.

Tak hannya itu seledri juga juga mempunyai kemampuan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh dan mengelola metabolisme lemak tubuh. Seledri dikenal padat nutrisi dan mengandung beragam nutrisi bermanfaat seperti antioksida, elektrolit, vitamin dan mineral.

 

2.    Mencegah Kerusakan Sel

Anti oksidan berfungsi untuk melindungi sel, pembuluh darah, dan organ-organ dari kerusakan oksidatif. Di dalam seledri terkandung vitamin C, betakaroten dan flavonoid.  Senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berlebih yang bisa merusak sel. Akan teteapi terdapat 12 jenis nutrein anti oksidan lagi yang terkandung di dalam satu batang seledri. Karena seledri mengandung antioksidan khasiat seledri untuk ginjal juga sangat baik, kandungan antioksidan ini berhasil meningkatkan fungsi ginjal sebanyak 30 persen pada pasien dengan penyakit ginjal kronis.

 

3.    Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut informasi yang didapat, sebuah penelitian di Mashhad University ofnMedicine Science di Iran menyebutkan manfaat daun seledri dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Kandungan serat yang tinggi pada seledri juga bisa mendorong penurunan tekanan darah. Hal ini berdasarkan kajian yang dilakukan pada tahun 2016 yang menyebutkan makanan tinggi serat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

 

4.    Sebagai Anti Inflamasi

Khasiat seledri juga merupakan sumber fitonutrein yang baik dan telah terbukti mampu menguranngi inflamasi di saluran pencernaan,sel, pembuluh darah dan orang lain yang ada dalam tubuh. Rata-rata seledri mempunyai 25 komponen anti-imflamasi yang memberikan perlindungan terhadap imflamasi yang terjadi dalam tubuh.

 

5.    Menurunkan Kadar Kolestrol

Seledri mengandung sebuah suplemen unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BUPh) yang berguna sebagai penurun kadar lemak dang pengontrolan kesehatan jantung. Mengonsumsi suplemen dari bahan seledri juga dapan menurunkan kolestrol lipoprotein, jumlah kolestrol dan konsentrat triglyceride dalam tubuh.

 

6.    Mencegah Penyakit Kanker

       Seledri mengandung apigenin, yang dalam sebuah studi yang dilakukan di korea dikatakan mampu menghasilkan apoptosis. Kandungan ini dapat menjadi pengobatan terhadap kanker. Pada artikel yang terbit pada tahun 2009 mengatakan bahwa kandungan flavonoid yang disebut luteolin memiliki manfaat menurunkan resiko kanker, pada artikel tersebut juga mengatakan jika luteolin ini dapat membuat sel kanker lebih mudah diserang dengan pengobatan kimiawi.

 

7.    Penambah Pasokan Vitamin dan Mineral

       Seledri mengandung beberaoa vitamin seperti, vitamin K, vitamin A, vitamin C, mineral potasium dan folat. Tak hanya itu, sebanyak 100 gram seledri mengandung 32 mikrogam vitamin K. Vitamin K adalah mutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang sampai pembuluh darah. Vitamin ini krusial untuk menunjanng kinerja vitamin D dan kalsium. Seledri juga mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir seledri, kaliumnya lebih dari setengah kalium pisang. Seledri juga mengandung sodium yang rendah dengan indeks glikemik yang juga rendah, artinya, memilii efek yang minim terhadap gula darah. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama