LPM KONTUR FT UMS - Kamis (13/10) DPM FT UMS menyelenggarakan Sarasehan FT UMS 2022. Kegiatan ini merupakan forum untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa FT serta sebagai bentuk follow up dari aspirasi mahasiswa FT, mulai dari Sarasehan tahun-tahun lalu, Obrolan Dekan 2022 hingga Advokasi Center. Kegiatan ini melibatkan civitas academica Fakultas Teknik UMS, baik dosen, asisten laboratorium, ormawa hingga mahasiswa umum. Menurut Kharismanto selaku ketua umum DPM FT UMS selain menjalin silaturahmi dengan pihak dekanat, forum ini dapat menjadi sebuah ajang untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa.
Pembahasan forum dimulai dengan membahas notula sarasehan 2019, diantaranya terdapat bahasan tentang pembangunan Gedung F, lalu berlanjut dengan pembacaan notula sarasehan 2020 yang masih sama konteks pembahasannya. Lalu pada tahun 2021 pembahasan sarasehan berbanding terbalik dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun tersebut terjadi pergantian Dekanat FT UMS. Pada tahun tersebut diantaranya terdapat penyampaian serta pembahasan visi misi hingga pemaparan target 4 tahun kedepan dari setiap jajaran Dekan.
Menurut Rois selaku Dekan FT UMS, pada sarasehan kali ini yang terpenting adalah urgensi melengkapi fasilitas yang mendukung proses pembelajaran daripada membangun gedung. “Daripada kita membangun gedung F lebih baik kita mbedol ndeso (red : membuka lahan baru) buat Fakultas Teknik baru. Kalau untuk tempat, kemarin sudah coba cari-cari dan itu letaknya di Utara kampus 4 UMS” tuturnya. Selain itu menurut Wisnu selaku Wakil Dekan 2, dalam penataan ruang khususnya ruang pembelajaran diharapkan fungsi dari ruang tersebut dapat maksimal. Mengenai salah satu solusi isu pembangunan Gedung F menurutnya adalah membuat ruang-ruang aktivitas yang mendukung pembelajaran. Menurutnya juga biarlah angan-angan pembangunan Gedung F tetap berjalan namun pihak fakultas akan terus mengusahakan terciptanya fasilitas yang mumpuni dalam mendukung pembelajaran, mulai dari ruang-ruang diskusi publik, toilet, ruang pertemuan hingga pengadaan alat laboratorium serta kelas dengan maksimal.
Reporter: Alief
Penulis: Alief